Tuesday, June 11, 2013

Ingin Beli Laptop? Ini 4 Fitur yang Bisa Anda Lewatkan untuk Menghemat Uang

Ilustrasi: images.google.com
CHIP.co.id - Seperti kata orangtua kita, jika ingin membeli sesuatu harus hemat dan tidak boros. Hal tersebut juga harus diterapkan saat ingin membeli sebuah laptop. Seperti yang kita tahu, tiap laptop tentu dibuat sesuai dengan pangsa pasar yang ingin disasar.
Nah, atas dasar itulah, ada beberapa fitur yang, menurut saya pribadi, terlalu mubazir dan kemungkinan besar malah hanya membuat uang kita melayang. Anda tentu tak mau jika laptop Anda memiliki fitur yang tak pernah Anda gunakan, bukan?
Anda tentu harus memilih fitur apa saja yang ditawarkan tiap laptop sebelum membelinya. Misalnya, Anda menggunakan laptop untuk bekerja (mengetik + internet + mendengar musik + bermain game ringan), tentu akan mubazir bila Anda membeli laptop berkekuatan prosesor Intel Core i5/i7 atau dipersenjatai dengan prosesor AMD A10-4600M dan on-die graphics card AMD Radeon HD 7660G seperti yang dimiliki MSI GX 60.
Backlit keyboard
Backlit keyboard amat berguna saat Anda menggunakan laptop di tempat yang kurang atau tak ada cahaya. Fitur ini pun biasanya hanya tersedia pada laptop kelas atas yang harganya selangit. Ke depannya, keyboard jenis ini tentunya akan memakan baterai laptop.
ODD (Optical Disc Drive)
Zaman modern seperti sekarang, semua hal kian praktis. Data-data dapat Anda nikmati dari sebuah USB flash drive atau dapat Anda unduh dari cloud dan internet. Fitur ODD kian tak terlalu dibutuhkan lagi dan hanya menambah beban pembayaran saat ingin membeli sebuah laptop.
Diskrit grafik
Bagi para gamer, diskrit grafik menjadi sebuah kebutuhan. Tanpa GPU, Anda tentu tak bisa memainkan game berat seperti Skyrim dan Arkham City. Pun dengan editor video, mereka juga mengandalkan grafis mumpuni untuk mengolah video 1080p. Namun, jika Anda bukan gamer kelas berat atau seorang editor video maka lewatkan fitur yang satu ini. Satu kalimat saja, hanya membuat laptop menjadi mahal.
Prosesor kelas atas
Seperti CHIP katakan di awal, sebelum membeli laptop Anda harus mempertimbangkan apa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda tentu tak perlu membeli laptop berprosesor Intel Core i5/i7 bila hanya digunakan untuk mengetik, bukan?



sumber

0 komentar:

Post a Comment