Wednesday, September 12, 2012

Antarmuka (User Interace) pada Adobe Photoshop CS3

Pada tulisan sebelumnya, telah dibahas tentang aplikasi pengolah grafis CorelDRAW X3 yang berbasis vektor. Berbeda dengan CorelDRAW X3, Adobe Photoshop adalah salah satu software untuk mengolah foto atau gambar berbasis bitmap yang populer saat ini. Dengan Photoshop, Anda dapat memperbaiki dan memperindah foto yang ingin dicetak dengan menambah beberapa efek pada foto tersebut. Dengan demikian, tampilan foto menjadi berbeda dan menarik.
Walaupun terdapat berbagai macam program yang dapat digunakan untuk mewarnai ilustrasi Anda, Photoshop dengan segala kelebihan dan kekurangannya dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan ilustrasi berwarna yang indah. Anda dapat menghasilkan ilustrasi dengan teknik berbeda dengan teman Anda walaupun tool yang digunakan sama. Anda juga dapat mengerjakan ilustrasi berwarna secara manual untuk kemudian diedit lebih lanjut dengan Photoshop.
Layar Pembuka (Opening Screen) Adobe Photoshop Cs3
Berikut ini beberapa perubahan baru yang terdapat dalam Adobe Photoshop CS3 yang berbeda dengan versi sebelumnya.
  1. Tampilan baru pada jendela dan lembar kerja yang menawan, mempermudah Anda untuk mengatur tampilan kerja agar lebih nyaman.
  2. Tampilan panel Tool yang fleksibel dapat ditampilkan menjadi satu kolom atau dua kolom.
  3. Tombol Quick Mask tampil sebagai tombol single menyerupai tombol On/Off untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi Quick Mask.
  4. Panel ditampilkan dalam sebuah dock yang secara fleksibel dapat diubah sesuai dengan ukuran yang diinginkan sehingga Anda akan lebih leluasa memaksimalkan tampilan lembar kerja.
  5. Mode Full Screen baru yang diberi nama Maximize Screen Mode, berfungsi memaksimalkan ukuran jendela gambar semaksimal mungkin menyesuaikan dengan layer.
Tampilan Lembar Kerja Adobe Photoshop CS3
Untuk memulai Adobe Photoshop CS3, klik tombol Start → All Programs  Adobe Photoshop CS3. Pada layar akan ditampilkan ruang kerja Adobe Photoshop CS3.

a. Ruang Kerja / Workspace
Merupakan area kerja atau tampilan kerja dari file atau gambar yang sedang dikerjakan.
Area Kerja / Workspace Adobe Photshop CS3

b. Titlebar
Merupakan batang judul jendela yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama program yang sedang aktif.
c. Menubar
Merupakan baris menu yang berisi perintah dan fasilitas default yang disediakan oleh sebuah program. Ada 9 menu utama yang terdapat pada Adobe Photoshop, yaitu File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, View, Window, dan Help.
d. Optionbar
Merupakan bagian yang berisi sekumpulan tombol atau pilihan yang berhubungan dengan suatu Tool tertentu. Tombol pilihan yang ditampilkan di dalam Optionbar akan menyesuaikan dengan tombol atau peranti yang terpilih di dalam panel Tools.
Panel Tools
e. Dock Panel
Dalam Photoshop, Dock Panel digunakan untuk mengontrol sifat dan cara kerja dari tombol-tombol yang ada pada panel Tools. Selain itu, untuk serta mendukung proses kerja yang terjadi pada gambar atau foto yang sedang dikerjakan. Pilihan pada menu Window menunjukkan jenisjenis panel yang ada. Jika Anda memilih salah satu panel melalui menu Window tersebut, maka panel yang Anda pilih akan ditampilkan sebagai tampilan jendela yang melayang (Floating Window) dalam ruang kerja.
Dock Panel terdiri atas beberapa bagian berikut.
  • Panel Navigator untuk mengatur besar tampilan gambar.
  • Panel Color untuk mengatur pemberian warna.
  • Panel Layer untuk mengatur layer yang ada di ruang kerja.
f. Panel Tool
Panel tool merupakan sebuah bagian yang berisi berbagai peranti yang dapat digunakan untuk memanipulasi dan menyunting sebuah gambar atau foto. Berikut adalah beberapa panel yang sering digunakan dalam pengeditan gambar.
Ikon Panel Tool
Penjelasan fungsi beberapa ikon pada Dock Panel
  • Retangular Marquee. Untuk membuat seleksi yang berbentuk segi empat.
  • Lasso. Untuk membuat seleksi dengan menggambar pola bebas (freehand). Pada saat mouse dilepas, titik awal dan titik aahir akan terhubung. Anda dapat mengaktifkan kotak periksa Anti Aliased pada Optionsbar untuk menghaluskan seleksi. Untuk menjalankan fasilitas Lasso Tool, gunakan proses drag and drop.
  • Crop. Untuk mengambil area pada citra atau tampilan yang diinginkan. Perhatikan bahwa peranti ini mempengaruhi semua layer yang ada, baik yang aktif maupun tidak. Lasso
  • Eraser. Digunakan untuk menghapus area pada layer. Anda dapat memilih salah satu dari jenis penghapus Pencil, Block, Airbrush, atau Paintbrush melalui Optionsbar.
  • Move. Untuk memindahkan objek, gambar
  • Magic Wand. Untuk membuat seleksi atas pixel –pixel yang ada di dalam kawasan warna tertentu. Toleransi dapat ditetapkan melalui Optionsbar.
  • Brush. Kuas untuk menyapukan warna pada layar kerja
  • Type. Untuk mengetikkan teks
  • Line. Line digunakan untuk membuat garis. Peranti ini juga dapat digunakan untuk membuat garis dengan mata panah pada ujungnya. Gunakan Anti-Aliased pada Options Panel untuk membuat garis yang halus.
  • Eyedropper. untuk memilih warna sample dari gambar
Panel Pada Adobe Photoshop CS3
Panel merupakan jendela-jendela yang melayang di ruang kerja. Panel dapat dimunculkan dari menu Window.
a. Panel Layer
Panel Layer menunjukkan semua layer yang ada di dalam lembar kerja Anda. Untuk urutannya, layer baru akan ditempatkan di atas layer yang sudah ada. Dengan Panel Layer, Anda dapat mengubah urutan layer, menghapus layer, membuat layer baru, membuat duplikasi dari layer yang sudah ada, dan menampilkan atau menyembunyikan layer.
Panel Layer
b. Panel History
Panel History merupakan fasilitas untuk menyimpan status perubahan yang telah Anda lakukan terhadap sebuah tampilan lembar kerja. Dengan fasilitas Panel History, Anda dapat melakukan pembatalan perintah terhadap perintah yang telah Anda jalankan (undo).
Panel History
c. Panel Navigator
Panel Navigator berisi thumbnail dari file gambar atau salah satu bagian dari gambar yang sedang Anda kerjakan. Dengan menggunakan fasilitas Panel Navigator ini, Anda dapat mengubah besar kecilnya tampilan lembar kerja dengan menggunakan fasilitas Zoom Slinder yang terdapat di bagian bawah jendela Panel Navigator.
Panel Navigator

d. Panel Swatches
Panel Swatches merupakan sebuah tabel warna untuk mengolah warna dari gambar yang Anda buka.
Panel Swatches

e. Panel Color
Anda dapat mengatur warna foreground maupun background dengan menggunakan fasilitas Panel Color, berdasarkan kombinasi warna yang telah Anda tentukan sendiri. Aktifkan pilihan set Foreground Color untuk menentukan warna foreground, dan aktifkan pilihan Set Background Color untuk menentukan warna background.
Panel Color

f. Panel Styles
Panel Styles menyediakan beberapa tampilan style yang secara default disediakan oleh Adobe Photoshop. Style ini dapat digunakan pada objek, seperti teks, shape, dan layer yang ada di dalam lembar kerja. Anda juga dapat mengubah pilihan style ke beberapa bentuk style yang ada dengan cara mengklik tombol menu yang terdapat di kanan atas jendela Panel Style hingga muncul tampilan beberapa menu pilihan style.
Panel Styles

g. Workspace
Peranti ini merupakan tampilan baru Adobe Photoshop CS3 yang berfungsi mengatur tampilan jendela kerja. Anda dapat mengatur tampilan panel sesuai dengan kebutuhan kerja Anda dengan tombol Workspace. Photoshop hanya akan menampilkan panel-panel yang diperlukan, sesuai dengan kategori tampilan kerja yang Anda pilih. Anda juga dapat mengatur tampilan lembar kerja ke posisi default dengan menggunakan pilihan Default Workspace. Tombol Workspace terletak di dalam Optionbar.



sumber
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment