Tuesday, October 9, 2012

Wifi File Transfer




Transfer content dari ponsel Android ke PC memang mudah. Metode yang umum digunakan yaitu melalui kabel data. Namun, jika Anda memiliki router yang terhubung dengan PC dan ponsel dalam satu jaringan, silakan jajal koneksi nirkabel untuk berbagi data tanpa direpotkan oleh kabel.  

Aplikasi WiFi Transfer File menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya. Anda cukup melakukan instalasi pada ponsel cerdas. Aplikasi ini bisa bekerja secara background sehingga tetap bisa digunakan meskipun ponsel sedang melakukan aktivitas lain (multitasking). Aplikasi tersebut tinggal diunduh melalui Google Play Store. Saat dijalankan, aplikasi akan mendeteksi alamat internet protocol (IP) pada komputer dan selanjutnya langsung menampilkan alamat IP ponsel. Nantinya, aplikasi akan menampilkan suatu alamat IP yang sudah dikonfigurasi secara otomatis untuk Anda masukkan ke peramban.  
Untuk melakukan konfigurasi perangkat, dilakukan melalui aplikasi pada ponsel. Pilihan yang ada memungkinkan Anda untuk mengatur password untuk perlindungan content, menggunakan porta untuk menghubungkan ke beberapa PC, sampai melakukan restore berkas jika terjadi kegagalan. Disediakan pula tautan untuk mengirim alamat IP melalui e-mail.  
Secara otomatis, media simpan pada ponsel akan ditampilkan pada peramban layaknya file manager pada Windows. Anda bisa menyusuri seluruh content yang ada pada kartu memori dan melakukan berbagai perintah seperti download, delete, copy, dan rename. Anda juga dapat menggabungkan seluruh atau sebagian content yang ada dengan melakukan kompresi pada suatu konten dan menjadikannya berformat ZIP. Selain itu, terdapat pintasan khusus untuk mengakses content gambar berupa direktori dengan nama Media Gallery.  
Pada sisi kanan aplikasi, akan ditampilkan status dari ponsel yang sedang terhubung. Di sini akan ditampilkan informasi berupa kapasitas media simpan, baterai, dan koneksi nirkabel. Selain mengunduh, Anda pun bisa mengunggah konten dari PC ke ponsel. Tapi, kalau ingin mengunggah berkas berukuran lebih dari 4 MB, Anda mesti melakukan upgrade ke versi Pro yang berbayar.
****
WiFi Transfer File memudahkan Anda untuk berbagi content antara ponsel dan komputer bermodalkan koneksi WiFi. Dengan mengandalkan konfigurasi dari ponsel saja, Anda dapat berbagi ke beberapa komputer sekaligus selama berada dalam satu jaringan.

Spesifikasi
Lisensi
Gratis/Berbayar (Pro US$1,25)
Ukuran instalasi
438 KB
Situs
Sistem operasi
Android 2.1 ke atas.

Plus     : Tanpa instalasi pada PC; mendukung beragam peramban; feature proteksi berupa password; bisa restore data dari kartu memori.
Minus : Hanya bisa menampilkan konten dari kartu memori.



sumber

0 komentar:

Post a Comment