Wednesday, September 12, 2012

Tips-Tips Hidup di Awan Digital dengan Browser Anda


Cloud Computing
CHIP.co.id - Aplikasi web semakin canggih, dan memungkinkan Anda melakukan segala sesuatu di "awan" atau “cloud”. Dengan layanan email berbasis web seperti Gmail, jutaan orang di seluruh dunia dapat menyimpan komunikasi mereka di "awan" yang memungkinkan mereka untuk mengakses email di mana pun mereka berada, dengan perangkat apa pun.  Dengan kata lain, Anda dapat menyelesaikan hampir semua tugas yang perlu dikerjakan dengan hanya browser web! 

Apakah Anda bisa menghabiskan satu minggu sepenuhnya di awan??  Pasti bisa!

Keuntungan hidup di awan digital:
1.    Semua yang Anda butuhkan selalu tersedia di mana-mana Anda berada
2.    Tidak perlu khawatir kehilangan apa pun lagi (seperti komputer, flash disk, printout)
3.    File dan perangkat lunak anda selalu up to date
4.    Tidak perlu mengeluarkan uang pada media penyimpanan seperti flash disk, CD, hard disk eksternal
5.    Lebih mudah untuk berkolaborasi dan berbagi file dengan rekan kerja atau teman-teman

Bahan yang diperlukan
•    Sebuah komputer yang terhubung dengan internet (laptop, desktop, smartphone, tablet, netbook ... atau kombinasi dari semuanya. - Semakin banyak perangkat yang Anda gunakan, semakin banyak manfaat Anda dapat menikmati di awan digital!)
•    Web aplikasi, layanan online interaktif seperti Gmail, yang dapat Anda akses melalui browser web pada komputer apa pun

Tips-tips
  1. Browser: Browser web adalah gerbang Anda untuk hidup di awan, jadi pilihlah dengan baik. Karena Anda akan bergantung pada aplikasi web di browser Anda untuk mengerjakan tugas Anda di web, Anda memerlukan sebuah browser web yang cepat dan aman seperti Google Chrome atau versi terbaru dari Firefox, Safari atau Internet Explorer. Salah satu keuntungan dengan browser Chrome adalah tersedianya untuk ponsel Android dan iOS dan tablet, sehingga Anda dapat menyinkron bookmark, tab yang terbuka, riwayat browsing dan pengaturan browser lainnya di semua perangkat Anda.
  2. Penyimpanan Data: Daripada memindahkan file ke hard disk eksternal atau flash disk, Anda bisa menggunakan Google Drive, Dropbox, Box atau layanan penyimpanan awan lainnya yang akan memastikan file-file Anda selalu sinkron.  Anda dapat meng-upload dan mengakses file melalui browser web Anda atau melalui aplikasi pada perangkat mobile Anda.
  3. Email:  Jika Anda masih mengandalkan program email desktop seperti Outlook, Anda dapat mengatur Gmail untuk menerima email POP, baik melalui web atau perangkat mobile Anda (petunjuk di sini).  
  4. Aplikasi lainnya: Perlu pengganti perangkat lunak desktop favorit Anda? Sekarang, Anda dapat melakukan hampir semuanya hanya dengan browser Anda.
a.    Pengolah kata (Word → Google Docs, yang bisa buka dan menyimpan berkas-berkas)
b.    Presentasi (PowerPoint → Google Docs Presentation Editor, Prezi, Slide Rocket, dll.)
c.    Instant Messaging (AIM → Google Talk di dalam Gmail, WhatsApp, Line)
d.    Video chat (Skype → Google+ Hangouts, video chat di Gmail, FaceTime)
e.    Photo editing (Photoshop → Photoshop Express online app)
f.    Video editing (iMovie → Video editor di YouTube.com, JayCut.com, WeVideo)
g.    Main film (DVD →  YouTube, Google Play)
h.    Musik (iTunes → Google Music, Grooveshark, internet radio apps, YouTube)
i.    Hiburan (Buku-buku → Google Books, Kindle)
j.    Software contact management (Outlook → Contacts di Gmail, SalesForce)
k.    Perlu perangkat lunak lainnya?  Carilah di Chrome Web Store untuk aplikasi web untuk hampir semua aktifitas komputasi.
        5.   Games: Jika Anda seorang gamer sejati, pertimbangkan untuk meninggalkan perangkat game   portabel Anda di rumah.  Banyak games tersedia di Chrome Web Store (untuk browser) dan Google Play (untuk handphone atau tablet Android), dari permainan klasik arcade sampai Angry Birds.  Atau coba game baru seperti Escape!
        6.    Offline:  Apa yang dapat Anda lakukan jika Anda tidak terhubung internet? Dengan Google Chrome, Anda dapat mengatur Google Docs, Gmail, Calendar, dan Drive untuk mengakses file secara offline.



sumber

0 komentar:

Post a Comment