Monday, September 3, 2012

Adobe Siapkan Photoshop Khusus Retina Display

adobe.com
KOMPAS.com - Layar retina display dengan kepadatan pixel tinggi (High Dots Per Inch atau HiDPI) milik salah satu MacBook Pro besutan Apple mampu menampilkan gambar yang sangat tajam. Tetapi kemampuan tersebut menjadi percuma ketika tidak disertai dengan optimalisasi aplikasi-aplikasi pihak ketiga.

Karena itulah Adobe, pembuat software editing foto populer Photoshop, menyiapkan versi khusus aplikasi tersebut yang dioptimalisasi untuk layar HiDPI.

Adobe mengumumkan bahwa dukungan layar HiDPI akan mulai tersedia pada Photoshop CS6 dalam beberapa bulan ke depan, disusul oleh Lightroom 4.

Layar pada MacBook Pro with Retina Display memiliki resolusi 2880x1800. Hal ini menjadi masalah ketika aplikasi-aplikasi yang tidak dioptimalisasi untuk resolusi tinggi tersebut berjalan seolah-oleh dengan resolusi 1440x900 yang merupakan resolusi standar MacBook pro tanpa retina display.

Setiap pixel pada tampilan aplikasi -termasuk gambar atau foto pada Photoshop- diekspansi hingga menjadi sebesar empat pixel (pixel doubling). Akibatnya, gambar yang ditampilkan tampak pixellated atau kotak-kotak seperti memiliki resolusi rendah, walaupun sebenarnya tidak demikian.

 Contoh dari hal ini bisa dilihat dari gambar yang dihasilkan oleh aplikasi yang dioptimalkan untuk retina display (aplikasi Preview bawaan Mac OS) dan yang tidak dioptimalkan (Photoshop), seperti disampaikan oleh fotografer yang dikutip PetaPixel.

compare_mini
Perbedaan tampilan aplikasi Preview (atas) dan Photoshop pada layar retina display (Gambar: Brian Hawkins/ PetaPixel.com).

Perbedaan di atas menyulitkan sejumlah teknik editing foto yang berkaitan dengan detail halus gambar seperti sharpening karena hasil akhirnya tidak bisa dilihat dengan benar.

Adobe menjanjikan update retina display Photoshop CS6 akan dirilis menjelang akhir tahun ini. Aplikasi-aplikasi Adobe lainnya yang juga akan dioptimalisasi untuk layar ber-resolusi tinggi termasuk Dreamweaver, Edge Animate, Illustrator, Lightroom, Photoshop, Photoshop Touch, Prelude, Premiere Pro, dan SpeedGrade. Adapun versi murah dari Photoshop, yaitu Photoshop Elements, tidak termasuk dalam daftar.


sumber

0 komentar:

Post a Comment