Penggunaan Virtualisasi biasanya di gunakan untuk membuat sumber daya perangkat keras yang dapat diupgrade tanpa harus menggeser perangkat lunak dan data dari satu tempat ke tempat lain.
Virtualisasi juga digunakan untuk menurunkan biaya hardware komputer yang bisa digunakan sebagai multiple virtual servers yang dapat menjadi host pada hardware server tunggal.
virtualization1 Pengetahuan Dasar Tentang Virtualisasi 
Virtualisasi dapat digunakan untuk setup lingkungan yang terpisah untuk setiap aplikasi perangkat lunak sehingga satu aplikasi tidak dapat mengganggu yang lain. Hal ini sangat berguna ketika menguji produk software pada lingkungan yang berbeda. Daripada mendedikasikan sebuah mesin perangkat keras yang terpisah, orang dapat dengan mudah men-setup server virtual pada satu mesin perangkat keras.
Virtualisasi dapat digunakan sebagai alat standardisasi. Ini berarti bahwa kita dapat mengatur satu lingkungan Sistem Operasi sebagai standar dan kemudian meniru mesin virtual yang sama sebanyak yang kita inginkan.
Apa itu Virtualisasi?
Menurut Wikipedia adalah :
Dalam ilmu komputer, virtualisasi (Inggris: virtualization) adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah “sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.
Contoh sederhana Virtualisasi. Jika anda adalah pengguna komputer sering, anda sudah harus memiliki pengetahuan tentang partisi dari hard drive anda. Anda dapat membuat lebih dari satu partisi di komputer anda. Pada Windows, partisi diberi nama sebagai C: , D: , E: dll Kami sebut semua partisi sebagai drive terpisah. Kita juga tahu bahwa komputer kita hanya terdiri dari satu hard drive fisik. Drive ini adalah partisi logical dari hard drive tunggal fisik. Ini dapat disebut sebagai Virtualisasi sebagaimana menciptakan versi virtual dari perangkat keras tunggal.
Jenis Virtualisasi
Virtualisasi adalah istilah yang dapat digunakan dengan berbagai topik tetapi subjek yang paling populer di mana Virtualisasi digunakan adalah Operating System. Operating System Virtualization berarti bahwa beberapa Sistem Operasi yang dijalankan secara bersamaan pada hardware yang sama. Jenis lain dari Virtualizations termasuk Virtualisasi Software, Virtualisasi Jaringan, Virtualisasi Penyimpanan dan Virtualisasi Server.
Terminologi yang digunakan dalam Operating system Virtualization.
  • Host: Sistem Operasi yang menjalankan software virtualisasi disebut host.
  • Guest: Sistem Operasi yang dijalankan di dalam software virtualisasi disebut Guest.
Dan beberapa Software yang dapat menjadi solusi anda membuat virtualisasi anda dapat membacanya di sini.