Saturday, August 25, 2012

Nikon vs. Canon : Mana Yang Lebih Baik?

Menurut opini saya, mempertanyakan lebih bagus mana antara Nikon atau Canon sama saja seperti mempertanyakan lebih bagus mana antara Toyota atau Honda; BMW atau Mercedes Benz. Mereka sama-sama perusahaan dunia yang sama bagusnya dan sama kuatnya. Memilih antara Nikon atau Canon amat tergantung dengan selera dan lingkungan dari orang tersebut.
Kalau Nikon dan Canon tidak sama-sama bagus dan kuat, tentunya salah satu dari mereka akan bangkrut. Sudah banyak perusahaan kamera yang bangkrut dan lalu dibeli oleh perusahaan lain. Salah satu contohnya adalah Minolta yang dibeli oleh Konica, dengan membentuk Konica-Minolta. Setelah merger tersebut, Konica-Minolta memutuskan untuk menjual bisnis DSLR mereka kepada Sony, yang mana kemudian Sony mengeluarkan Sony α (Alpha) yang teknologinya berasal dari Minolta. sumber

Kodak merupakan ‘korban’ terakhir dari perkembangan teknologi fotografi digital. Padahal Kodak-lah yang pertama kali menemukan fotografi-digital, kamera digital pertama dan kamera D-SLR komersil pertama. sumber

Strategi Bisnis

Perbedaan paling mencolok dari kedua perusahaan ini adalah strategi korporat mereka. Nikon sejak awal hanya memfokuskan diri pada Teknologi Presisi dan Teknologi Alat Elektronik yang berhubungan dengan Lensa (Precision Technologies and Opto-electronic Technologies). Oleh karenanya produk-produk keluaran Nikon selalu berbasiskan lensa (Kamera, Teropong, Mikroskop, Alat pengukur jarak, Lensa kaca mata, dan lain-lain). sumber

Sedangkan Canon sejak tahun 1960an sudah merencakan untuk melakukan diversivikasi produk mereka dengan mulai memproduksi kalkulator 10-key elektronik pertama di Dunia pada tahun 1964. Sejak itu, selain memiliki bisnis berbasis kamera dan lensa, Canon mulai memproduksi mesin photocopy (tahun 1970 menjadi mesin copier kertas pertama di Jepang), laser printer (tahun 1979), ink-jet printer (1985) dan large-format ink-jet printer (2006). sumber

Dari kedua strategi korporat tersebut, Nikon dan Canon bersaing secara langsung di bidang kamera (slr dan point-n-shoot), dan teknologi presisi (alat pembuat semi-konduktor). Dalam bidang ini, kedua perusahaan ini masing-masing memiliki teknologi yang sama baiknya. Kedua perusahaan ini juga memiliki pengikut yang sama fanatiknya. Sehingga tidak bisa dikatakan yang satu lebih baik dibandingkan yang lain.
Kalau dilihat dari sisi finansialnya, Canon mempunyai total aset sebesar 3.983.820 juta yen (2010), sedangkan Nikon sebesar 829.909 juta yen (2011/Q3). Canon sekitar 4,8 kali lebih besar daripada Nikon. Hal ini tentu dikarenakan bisnis Canon jauh lebih beragam dibandingkan Nikon. sumber 1, sumber 2

Lensa

Lensa-lensanya mereka juga pasti sama bagusnya, sama tajamnya. Dari hasil riset teknologi lensa yang mereka lakukan, mereka dapat membuat lensa yang dapat memfokuskan sinar yang dipakai untuk ‘mencetak’ chip. Nikon dan Canon sama-sama memiliki divisi yang menjual alat pembuat chip. Alat tersebut bernama stepper, dan salah satu langkah untuk membuat chip adalah mencetak pola garis-garis yang kemudian menjadi jalannya sinyal listrik dalam rangkaian chip tersebut. Lebar dari garis ini hanya 38 nm (1 000 000 nano-meter = 1 mili-meter). Kalau lensa mereka dapat menfokuskan sinar yang dipakai dalam proses pembuatan chip, mereka tentu mudah saja membuat lensa yang kita pakai untuk motret model atau landscape.

Jadi, kalau mereka dapat membuat lensa yang dapat memfokuskan garis hingga 38 nm, kenapa mereka masih membuat lensa yang kelihatannya hasilnya ‘biasa-biasa’ saja? Kenapa mereka tidak membuat semua lensa mereka tajam dan kelas nomer 1? Jawabnya sederhana: Strategi Marketing dan Quality Control.
Mereka mungkin memiliki teknologinya. Akan tetapi untuk memproduksi lensa premium dibutuhkan quality control yang ketat. Hal ini membuat biaya produksi lensa-lensa yang bagus menjadi mahal. Tentunya mahalnya biaya produksi kemudian akan dibebankan kepada konsumen dalam bentuk harga jual lensa yang mahal pula. Kalau bahasa inggrisnya, ono rego ono rupo (baca: ada harga ada barang).
Penentuan harga jual inilah yang mendikte kualitas dari sebuah lensa. Ujung-ujungnya strategi marketing dari setiap merk kamera.
Jadi, lensa mereka sama bagusnya.

Teknologi

Keduanya saling susul-menyusul dari segi teknologi. Rasanya, jarang terjadi salah satu merk terlalu ketinggalan teknologi dari merk satunya lagi. Kalau toh tertinggal, merk yang tertinggal teknologinya tersebut selalu dapat menyusul ketinggalannya tersebut.
Keduanya saling mencontek dan meniru teknologi yang dilakukan pesaingnya. Sebagai contoh, teknologi auto-fokus pertama dikembangkan oleh Leica yang mempresentasikan Correfot sebagai kamera SLR pertama yang mempunyai teknologi auto-focus. Sedangkan Konica mencatatkan sejarah sebagai perusahaan yang pertama kali memproduksi kamera poket yang mempunya kemampuan auto-focus. Teknologi auto-focus ini kemudian dicontek oleh Nikon dan Canon dengan strategi yang berbeda. Nikon mengadopsi teknologi yang dilakukan oleh Minolta (Minolta Maxxum 7000 sebagai kamera SLR pertama yang terintegrasi secara utuh dalam body kamera, yaitu Auto-focus, motor penggerak lensa dan motor penggerak film), sedangkan Canon mengadopsi teknologi EOS mereka dengan meletakkan motor penggerak lensa di lensa mereka. Strategi ini lalu kemudian dicontek oleh Nikon dengan mengeluarkan sistem AF-S.
Kejar-kejaran dan saling mencontek di antara produsen kamera seperti ini tidak saja terjadi di teknologi Auto-Focus yang saya ceritakan di atas, akan tetapi pada hampir semua teknologi yang ada di kamera sekarang ini. Multi-segmen metering, Image Stabilizer, Anti-Dispersion Lens, Through The Lens Metering, TTL Flash metering, dan banyak lagi teknologi yang diciptakan oleh salah satu produsen kamera, lalu dicontek teknologinya oleh produsen yang lain.
—————————————
Jadi, mana yang lebih baik diantara keduanya? Menurut saya, tidak ada. Masing-masing memiliki kelebihan (dan kekurangan) di setiap market level yang ada. Terkadang Nikon memiliki keuntungan strategis dalam penerapan teknologi mereka dibanding Canon. Akan tetapi, biasanya beberapa saat kemudian Canon mengeluarkan teknologi yang sama baiknya, atau mungkin lebih baik daripada Nikon. Kejar-mengejar teknologi ini sudah terjadi bertahun-tahun, yang membuat kedua perusahaan ini mempunyai pengikut yang hampir sama besarnya.
Lalu, bagaimana kita memilih antara Nikon atau Canon? Jawabnya mudah, Anda lebih nyaman dengan merk apa. Apabila memungkinkan, cobalah kedua merk ini melalui teman-teman Anda atau tempat sewa kamera yang mungkin ada di kota Anda. Amati hasil fotonya menggunakan jenis lensa yang sama (kualitas lensa lebih menentukan kualitas gambar Anda ketimbang body kamera).
Anda mungkin juga perlu membaca tulisan saya mengenai Pedoman Membeli Kamera D-SLR
Ketimbang terlalu lama membaca, mungkin ada baiknya Anda ikut kursus kami. Jadi Anda bisa langsung bertanya kepada kami dan mendapatkan jawaban yang tuntas. Kebanyakan kelasnya hanya membutuhkan 1 kali week-end saja. Terima kasih.



sumber

0 komentar:

Post a Comment