Tuesday, June 5, 2012

6 Pilihan Website Alternatif dan Menarik

Kami telah menelusuri dunia internet dan menemukan beberapa website yang menurut kami menarik.

Penilaiannya sendiri didasarkan dari beberapa aspek. Kami memperhatikan aspek kemudahan pemakaian, navigasi yang mudah, kelengkapan informasi yang diberikan, feature interaksi sosial antarpengguna, dan juga yang tak kalah penting, tampilan antarmuka yang menarik namun tetap nyaman.

Semuanya kami rangkum dalam ulasan ringan berikut ini.



HTCSense.dk
Siapa tak kenal HTC? Produsen ponsel asal Taiwan ini memang memiliki jajaran produk smartphone yang beragam dan lengkap. Selain itu, HTC memang memiliki ciri khas pada setiap smartphone-nya, khususnya yang menggunakan sistem operasi Android, yaitu tampilan antarmukanya yang disebut HTC Sense. 

HTC Sense merupakan antarmuka khusus yang dikembangkan oleh HTC dengan tampilan menarik, serta dilengkapi dengan beragam feature, termasuk integrasi dengan berbagai macam situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. 

Website HTCSense.dk ini merupakan situs yang ditujukan untuk pengguna HTC di benua Eropa, khususnya Denmark. Situs ini tampil dengan memanfaatkan flash secara penuh, termasuk untuk menu navigasinya.
Tampilan awalnya juga sangat menarik, berupa kotak-kotak yang disusun diagonal, kotak-kotak tersebut berisi informasi mengenai produk-produk yang ditampilkan, serta penjelasan mengenai aneka feature lainnya. Coba saja klik salah satu ponsel yang ditampilkan, akan tampil sebuah video berisi penjelasan singkat mengenai produk tersebut. Lalu masih ada juga menu navigasi menuju situs HTC untuk mendapatkan informasi spesifikasi yang lebih lengkap. 

Meskipun menu navigasi yang ditampilkan pada HTCSense.dk ini terbilang jelas, tetap saja membingungkan para pengunjung yang tidak mengerti bahasa Denmark karena seluruh menu dan navigasi yang tersedia hanya tersedia dalam bahasa tersebut. Ini diperparah lagi dengan tidak tersedianya pilihan untuk mengubahnya ke bahasa Inggris atau bahasa lain.

Selain itu, penggunaan flash secara penuh jelas membutuhkan koneksi yang cepat untuk mengaksesnya, sehingga mungkin tidak cocok diterapkan apabila mayoritas target pengunjung merupakan pengguna internet dengan koneksi yang lambat.

8tracks.com

8tracks.com adalah sebuah situs bertemakan musik di mana para penggunanya bisa membuat playlist pribadi sesuai dengan minat musik masing-masing. Misalnya Anda menyukai jenis musik pop, Anda bisa mengunggah musik-musik yang Anda sukai, dan menggabungkannya menjadi satu playlist (di situs ini disebut dengan istilah mix). Setelah itu, playlist atau mix yang sudah Anda buat itu dapat juga didengarkan oleh para pengguna yang lain.

Kalau Anda sudah sering menggunakan jejaring sosial Twitter, tentu Anda sudah kenal dengan istilah following dan followers. Istilah tersebut juga hadir di situs 8tracks.com ini. Ya, para pengguna 8tracks juga dapat saling mem-“follow” satu sama lain dan juga meninggalkan komentar pada playlist yang dibuat oleh pengguna yang lain.

Situs 8tracks.com ini menyediakan dua jenis keanggotaan. Yang pertama tentu saja keanggotaan gratis. Anda bisa menggunakan seluruh feature yang tersedia dengan beberapa tampilan iklan di beberapa bagian. Yang satu lagi keanggotaan yang bebas iklan dengan biaya US$25 untuk periode 6 bulan.

Situs-situs berbagi musik seperti ini tergolong rentan terhadap penyimpangan hak cipta. Namun jangan khawatir, 8tracks.com mengklaim bahwa seluruh musik yang diunggah dan diputar oleh para penggunanya adalah legal karena 8tracks.com membayar seluruh royalti dan lisensi atas lagu-lagu yang ada kepada asosiasi yang bersangkutan.

Instapaper.com

Misalnya saja Anda sedang asyik berselancar di internet mencari informasi yang Anda butuhkan. Lalu Anda menemukan sebuah konten yang menurut Anda menarik, namun tidak relevan dengan informasi yang sedang Anda butuhkan. Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut nanti.

Biasanya, Anda kemudian akan menambahkan konten tersebut ke bookmark agar bisa mudah diakses kembali suatu saat nanti. Namun seiring makin banyaknya alamat yang Anda tambahkan, biasanya bookmark di web browser Anda akan makin menumpuk dan sulit diatur.

Sebagai alternatif, tersedia layanan untuk menyimpan konten-konten menarik yang Anda temukan. Layanan yang disediakan oleh Instapaper ini cukup sederhana namun sangat bermanfaat. Anda perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan layanan Instapaper. Jangan khawatir, pendaftarannya gratis.

Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk menambahkan sebuah bookmark dari Instapaper ke daftar bookmark Anda. Bookmark ini berisi sebuah script. Saat Anda sedang mengakses sebuah konten website dan ingin menyimpannya untuk dibaca nanti, Anda cukup menggunakan bookmark dari Instapaper tersebut. Lalu Instapaper secara otomatis akan menyimpan URL yang Anda simpan.

Seluruh konten yang pernah Anda simpan, akan dapat diakses kembali pada halaman profil Anda. Anda bisa mengakses kembali halaman-halaman tersebut dengan tampilan penuh, bisa juga dengan tampilan teks saja yang jauh lebih ringan.

Selain itu, Anda juga bisa berbagi konten yang sudah Anda simpan tersebut ke teman-teman Anda melalui akun-akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr. Oh ya, Instapaper ini juga bisa diakses melalui iPhone, iPad, dan Kindle.

DuckDuckGo.com

Selain Google yang memang merupakan mesin pencari paling kondang, sebenarnya masih banyak mesin pencari alternatif lain yang juga bisa Anda manfaatkan dalam mencari informasi.

DuckDuckGo.com adalah salah satunya. Kalau Google saat ini sudah menjadi sebuah mesin pencari super canggih yang bisa memberikan berbagai macam informasi, mulai dari konten, gambar, video, hingga lokasi, termasuk bisa menebak kata kunci yang kita masukkan, DuckDuckGo.com ini tampil sangat sederhana.

DuckDuckGo.com ini menggabungkan sumber dari berbagai mesin pencari yang ada, seperti Yahoo!, Bing, Blekko, dan beberapa mesin pencari lainnya. Namun DuckDuckGo.com tak hanya sekedar mengambil hasil pencarian tersebut dan menampilkannya begitu saja, tapi juga menyempurnakan hasil pencarian tersebut dengan sumber yang mereka dapat sendiri, sehingga hasil pencarian diharapkan bisa lebih tepat sasaran, dan hampir tanpa spam.

Saat Anda memasukkan kata kunci, DuckDuckGo.com akan berusaha mencari definisi resmi dari kata kunci tersebut. Jika tidak tersedia, DuckDuckGo akan langsung menampilkan hasil pencarian yang sesuai.
Selain itu, untuk membuat hasil pencarian makin tepat sasaran, DuckDuckGo akan menampilkan beberapa kata-kata di bagian kanan yang kira-kira relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan. Cukup klik kata-kata tersebut untuk menambahkannya ke dalam kotak pencarian.

Join.me

Join.me adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memungkinkan penggunanya berbagi tampilan layar komputernya dengan orang lain yang terhubung ke internet.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah mengadakan rapat, melakukan presentasi atau berdiskusi dengan rekan-rekan kerja Anda, sekaligus sambil menunjukkan tampilan yang Anda ingin tunjukkan ke rekan-rekan Anda.

Untuk berbagi layar Anda dengan pengguna lain, Anda cukup mengunduh sebuah aplikasi kecil ke komputer Anda, lalu jalankan. Aplikasi tersebut akan memberikan kode sebanyak 9 digit. Berikan 9 digit kode tersebut ke rekan-rekan yang akan Anda undang, dan undangan melalui e-mail secara otomatis akan langsung dikirim.

Setelah itu, rekan-rekan Anda cukup mengakses link yang telah diberikan pada e-mail, atau bisa juga memasukkan 9 digit kode yang telah diberikan pada situs join.me. Setelah itu mereka akan dapat langsung melihat tampilan layar Anda.

Situs join.me ini menyediakan dua jenis keanggotaan, yang pertama adalah keanggotaan gratis, lalu ada keanggotaan “Pro” dengan biaya US$29 per bulan atau US$299 per tahun dengan feature yang lebih lengkap, termasuk dukungan hingga 250 user.

Dari sisi keamanannya, join.me didukung dengan enkripsi 256-bit sehingga keamanannya terjamin. Lagipula, jika Anda tidak menjalankan aplikasinya, tidak ada pengguna lain yang bisa masuk dan mengintip desktop Anda.

SiteJabber.com

Ada begitu banyak situs belanja online yang tersedia saat ini. Sebut saja pemain-pemain besar seperti Amazon, eBay, Newegg, dan masih banyak lagi. Selain itu juga banyak situs-situs belanja lain yang memiliki skala lebih kecil.

Nah, untuk menarik pengunjung dan calon pembeli, biasanya situs-situs kecil ini menawarkan berbagai macam promosi, mulai dari harga yang super murah, hingga beragam bonus. Namun hati-hati, beberapa situs tersebut memiliki potensi penipuan, mulai dari barang yang tidak sesuai spesifikasi, hingga melarikan uang yang dibayarkan konsumen.

Untuk mengurangi kemungkinan tertipu pada situs-situs belanja, terutama yang masih berskala kecil dan belum terkenal, Anda bisa mencari informasi mengenai situs tersebut pada SiteJabber.com.
Situs yang didirikan oleh Jeremy Gin, Michael Lai, dan Rodney Gin ini bertujuan untuk membantu para pengguna internet untuk mengenal dan mengetahui reputasi situs tertentu. Jadi, misalnya saja Anda ingin mengetahui reputasi situs A, Anda bisa mencari situs tersebut di SiteJabber dan membaca review dan testimonial pengguna lain. Anda juga bisa ikut memberikan komentar dan menambahkan rating sesuai dengan pengalaman Anda mengenai situs tersebut.

Tujuan utama SiteJabber ini adalah untuk mengurangi praktek scam dan memberikan informasi pada pengguna internet mengenai situs-situs yang aman dan terpercaya untuk dikunjungi.

Tak hanya untuk situs belanja, di sini Anda juga bisa mencari informasi mengenai situs-situs lain, termasuk situs berita, hiburan, dan lain-lain. Komentar, testimoni, serta rating yang diberikan oleh para pengunjung bisa memberikan gambaran bagi Anda mengenai reputasi situs tersebut.



sumber

0 komentar:

Post a Comment