Tuesday, April 10, 2012

Membuat File Installer dengan Inno Setup


Seiring dengan perkembangan teknologi pemograman database, semakin hari semakin banyak aplikasi database yang dibangun, baik oleh programer yang maih pemula maupun programer yang sudah profesional.
Dalam membuat aplikasi yang terintegrasi perlu adanya penggabungan antara aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu dengan file runtime library bahasa pemrograman tersebut.

Menjadi tidak efektif dan keamanan program tidak terjamin kalau antara program aplikasi dan runtime library didistribusikan dengan cara copy/paste dari komputer satu ke komputer lain.

Inno Setup adalah installer untuk aplikasi yang bekerja dilingkungan Windows yang bebas digunakan (freeware) oleh siapa saja tanpa harus membayar lisensi.
Nama “Inno Setup dibangun dari kata Innovative setup dan yang dipilih sendiri oleh penciptanya yaitu Jordan Russell. Produk Inno Setup pertama dirilis tahun 1997 yang terus dikembangkan hingga saat ini telah ersedia Inno Setup versi 5.4.3 Full Version yang dirilis tanggal 21 Desember 2012.

Inno Setup adalah installer sederhana tetapi mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam mendistribusikan berbagai aplikasi yang dibuat dari berbagai bahasa pemrograman, misalnya Visual Foxpro, Visual Basic, Delphi, dll. Disamping itu Inno Setup merupakan sarana pembuat CD instalasi berbasis (script-based) yang mudah dipelajari dan digunakan sekalipun oleh seorang programer pemula, dan mendukung semua versi Windows 32bit (Win9x/Me/2000/XP/NT4.0/). Serta pada Versi ini dapat mendukung Windows XP |Server 2003 | Vista |Server 2008 | Win 7.

Berbagai tool yang dibuat oleh pihak ketiga telah melengkapi produk ini, yang salah satunya adalah ISTool, yang menyediakan fasilitas GUI untuk pemeliharaan Script Inno Setup yang kita buat.

Inno Setup : Download
Latihan Tutorial : Tutorial



sumber

2 komentar:

  1. thanks for sharing this article,, nice !

    ReplyDelete
  2. Inno Lib dalam bahasa indonesia silakan ke http://rahah.webs.com/maxid2013/innox.html

    ReplyDelete