Sunday, April 15, 2012

10 Tips untuk Menjaga Baterai Laptop Tahan Lama


Tablet dan smartphone dengan layar besar sekarang banyak ditemui, namun bagi sebagain orang berselancar di intenret lebih menyenangkan dengan menggunakan pc komputer atau mungkin laptop. masalah jika menggunakan laptop adalah baterai yang digunakan tidak dapat bertahan lama, rata rata hanya mampu bertahan sekitar 2-4 jam dalam penggunaan normal.
Bagi kalian yang lebih memilih laptop atau netbook untuk urusan mobile berikut beberapatips yang dapat digunakan untuk menjaga baterai laptop atau netbook lebh tahan lama.
10 Tips untuk Menjaga Baterai Laptop Tahan Lama

10 Tips untuk Menjaga Baterai Laptop Tahan Lama

  1. Matikan Bluetooth & Wifi Pertama yang harus dilakukan adalah matikan koneksi Wifi dan juga Bluetooth jika tidak diperlukan, karena keduanya ii banyak mengguankan baterai lebih dari yang lain.
  2. Kurangi Kecerahan layar (Brightness) Kurangi kecerahan layar monitor kalian, karena dengan semakin cerah warna yang digunakan, maka akan lebih banyak mengkonsumsi baterai laptop.
  3. Transfer data atau program yang sering dibuka melalui CD/DVD ke hard diskJika ada palikasi yang kalian sering jalanakn dari cd ada bainkyna transfer ke hard disk karena dengan membaca data dari cd dvd terlalu sering akan mengurangi daya tahan baterai.
  4. Kurangi Multitasking Dengan membuka banyak program sekaligus atau Multitasking akan membuat baterai banyak terkuras, kurangi penggunaan fitur ini jika kondisi baterai dalam keadaan low.
  5. Atur Power Options Atur power option di windows sesuai keperluan, gunakan opsi power saver jika kalian ingin menggunakan laptop lebih lama, agar baterai tidak cepat terkuras habis.
  6. Cabut Perangkat External Cabut perangkat lain yang terhubung ke laptop kalian seperti usb flash disk, HDD external, mouse, jika perangkat tersebut tidak digunakan, karena semuanya akan menyedot baterai laptop.
  7. Disable Windows Aero Glass efect di windwos memang erlihat cantik namun fitur ini juga akan banyak menggunakan daya baterai, ada baiknya didisable saja karena tidak terlau penting
  8. Matikan Auto Save Beberapa program di windows seperti Microsoft Office memiliki fitur auto save, fitur ini juga memakan batterai laptop kalian karena melakukan tugasnya secara otomatis, matikan jika tidak perlu
  9. Matikan program yang berjalan di Background. 
    Aplikai yang ebrjalan di background mungkin banyak tanpa kalian sadari, coba lihat di task manger dan perhatikan jika ada proses yang tidak penting, dapat kalian matikan untuk mengurangi penggunaan baterai
  10. Defrag HDD Laptop secara berkala. Defragment mungkin akan memakan waktu lama, namun ada baiknya dilakukans secara berkala



sumber

0 komentar:

Post a Comment